Balai Besar Pelatihan Pertanian - Binuang - Kalimantan Selatan

Pertemuan Kelembagaan dan Ketenagaan bersama Kepala Badan PPSDMP

Binuang (18/10/2016). Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Ir. Pending Dadih Permana, M.Ec. Dev sinergitas bidang penyelenggaran pelatihan dengan widyaiswara untuk meningkatkan kompetensi Balai sesuai koordinasi Kepala Balai. Memaksimalkan peran Sumber Daya Manusia dalam melaksanakan tugas masing masing serta perlunya harmonisasi pelatihan pendidikan dan penyuluhan perlu dilakukan guna mewujudkan optimalisasi Balai. Hal tersebut disampaikannya pada Pertemuan Kelembagaan dan Ketenagaan di Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang, Selasa (18/10).
 “Menumbuhkan pemuda tani generasi muda tani disetiap BP3K, karena menurut sensus tahun 2013 banyak terjadi penurunan jumlah petani. Sehingga harapannya mekanisasi dapat menjadi jawaban atas permasalahan tersebut, bukan hanya menjadi sebagai operator akan tetapi mampu menjadi pengusahanya,” kata Pending Dadih Permana.


Untuk mendukung program swasembada pangan nasional,  kata Pending, Kementerian Pertanian juga membantu saluran irigasi tersier setelah delapan tahun tidak lagi dianggarkan yaitu sebanyak 2,3 juta hektar sawah masyarakat. Kemudian juga mengadakan pelatihan peningkatan kualitas penyuluh dan petani yang akan dilaksanakan tahun 2016.