Balai Besar Pelatihan Pertanian - Binuang - Kalimantan Selatan

BBPP BINUANG DENGAN BALAI ALSINTAN LATIH PETANI GUNAKAN ALSINTAN

Balai Besar Pelatihan Pertanian Binuang menggandeng Balai Alsintan Provinsi Kalimantan Selatan, menjalin sinergi dalam rangka pelaksanaan Diklat Teknis Mekanisasi Pertanian bagi Non Aparatur Angkatan I berupa pelatihan penggunaan Alsintan diantaranya adalah penggunaan tractor roda empat John Deere, alat panen padi modern Combine Harvester, alat tanam padi modern Indo Jarwo Transplanter dan penggunaan Hand Tractor di lahan praktek Inkubator Agribisnis Binuang. 

Materi yang dilatihkan pada pelatihan tersebut berupa pengenalan, pengoperasikan dan pemelihara alat dan mesin pertanian seperti tractor roda empat dan dua, rice transplanter, combine harvester dan mesin perontok jagung. Pelatihan ini menjadi salah satu program pelatihan yang ada pada DIPA BBPP Binuang melalui bidang penyelenggaraan. Diklat Teknis Mekanisasi Pertanian bagi Non Aparatur Angkatan I ini diselenggarakan selama 7 hari pada 13-21 Maret 2017 dengan peserta pelatihan sebanyak 30 orang petani, ketua poktan dan ketua gapoktan yang berasal 5 provinsi se Kalimantan Kegiatan resmi dibuka oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang.

Pelatihan dilaksanakan dengan pemberian materi dikelas yang dibimbing oleh koordinator kurikulum Bapak Soleh Wahyudi, S.ST, pelatihan praktek di lapangan dibimbing oleh Bapak Budi Harjo, S.TP dari Balai Alsintan dan kunjungan lapang. Saat melakukan kunjungan lapang di UPJA  Tani Membangun Desa Hariti Kec. Sungai Raya Kab Hulu Sungai Selatan, Aspani Ketua UPJA Tani Membangun juga melakukan dialog dengan peserta terkait progres capaian UPSUS PAJALE beliau menyampaikan beberapa strategi kepada para peserta tentang Pengelolaan Usaha Pelayanan Jasa Alsintan di tempatnya. Abs